Tinjau Lokasi Banjir, Pj Gubernur Sultra Sambangi Para Korban Hingga Pastikan Pelayan Darurat Bencana Terlaksana

Fajarsultra.com
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto, meninjau secara langsung korban banjir bandang di Kota Kendari. Sabtu (09/03/2024).

Dalam peninjauan tersebut, selain menyerahkan bantuan, Andap juga menyambangi para Korban sekaligus memastikan Pelayanan darurat Bencana seperti Posko Bencana, Tenda Pengungsi, Posko Pelayanan Kesehatan, serta Pelayanan dapur umum terlaksana.

Adapun lokasi pertama yang dikunjungi yakni Lorong Lasolo, yang menjadi salah satu lokasi terparah banjir bandang. Dilokasi itu, Andap meninjau seluruh lokasi titik yang terdampak termasuk empat rumah warga yang hanyut terbawa banjir.

Nampak Andap berbincang dengan para korban yang terdampak banjir dan menyampaikan rasa prihatinnya. Selanjutnya, Andap juga mengunjungi Rumah Sakit Santa Anna Kendari yang terdapak banjir cukup parah.

Kemudian Andap menuju lokasi posko dapur umum menyerahkan bantuan sosial dari Pemprov Sultra kepada korban yang terdampak bencana banjir.

Selanjutnya, bersama rombongan Andap bertolak menuju Kampung Salo yang juga salah satu lokasi terparah banjir bandang. Disana juga ia menyerahkan bantuan sekaligus meninjau lokasi banjir bandang.

Adapun bantuan yang diserahkan tersebut 1.000 paket sembako, pakaian anak, pakaian dalam pria dan wanita, selimut dan matras yang totalnya sekitar Rp. 425 juta.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto melakukan pengecekan Dapur Umum Pemprov Sultra

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan, selaku Pj Gubernur dirinya prihatin dan turut berduka atas bencana tersebut.

“Teriring doa dan harapan segala sesuatunya cepat selesai. Dari hasil identifikasi sejauh ini ada 10 kecamatan 24 kelurahan yang terdampak banjir,” kata Andap.

Dikatakan, saat terjadinya banjir pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk mendirikan posko, tenda darurat dan dapur umum termasuk melakukan koordinasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat dan telah menurunkan tim mengasemen.

“Data ini terus bertambah semula 2.198, hari ini asesmen terakhir 3.000. Kita tidak berharap terjadi lagi intensitas hujan yang tinggi, sekali lagi turut berduka semoga segala sesuatunya cepat selesai,” ujarnya.

Dibeberkan beberapa rumah yang hanyut terbawa banjir berdasarkan koordinasi dengan BNPB Pusat akan di asesmen, dimana Pemprov Sultra mengajukan untuk pergantiannya.

“Jadi kita serahkan data, Pak Pj Wali Kota sementara mendata dan data itu akan diajukan. Karena beliau selain Pj Wali Kota juga Kepala BNPB Provinsi,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi kedepan, Andap mengaku sudah menyiapkan langkah-langkah salah satunya normalisasi sungai yang ada di Kota Kendari.

“Tentu nanti kita akan melaksanakan normalisasi untuk sungai-sungai yang ada pendakalan disini. Jadi kita akan segera laksanakan,” ungkapnya.

Andap Budhi Revianto didampingi langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio, Kepala Dinas Sosial Sultra Burhanuddin, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra Pahri Yamsul, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra Martin Effendi Patulak dan beberapa instansi terkait lainnya.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: