Tingkatkan Skill Para Tukang, Dinas Cipta Karya Suktra Helat Pelatihan

FAJARSULTRA.COM KENDARI- Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Pembekalan dan Fasilitas Uji Tenaga Terampil dengan Menggunakan Mobile Training Unit (MTU) kepada 100 tukang di Kota Kendari.

Kegiatan ini berlangsung di pelataran Masjid Al-Kautsar selama dua hari mulai Rabu sampai pada Kamis (02-03/09/2020).

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra Fahri Yamsul mengatakan pelatihan hari ini adalah untuk meningkatkan skill tenaga kerja asal Sultra dengan cara assesment, diasesor atau dilatih.

“Tujuan kita adalah kedepannya ketergantungan kita pada tenaga kerja asal dari luar Sultra berkurang dan bisa diatasi dan memanfaat tenaga kerja asal Sultra sendiri, ” kata Pahri saat ditemui di acara, Rabu (02/09/2020).

Ia melanjutkan, selama ini kebanyakan pekerjaan besar menggunakan pekerja yang dari luar Sultra karena mereka memiiki sertifikat.

“Nanti yang dari Sultra ini akan mendapatkan sertifikasi tenaga kerja. Kita sudah bicara dengan DPRD Sultra kedepannya akan dibantu fasilitasi nanti para pekerja ini, ” jelas Pahri.

Ia juga berharap pada tahun 2021 akan ada yang diberi pelatihan bagi pekerja agar bisa mendapatkan sertifikasi.

“Tahun depan Insya Allah 2 samapi 3 ribu tukang kita akan sertifikasi, ” harap Pahri.

Ia juga menyebutkan, metode pelatihan denganmenggunakan mobil bantua dari PUPR atau MTU.

Dalam penjelasan ia menegaskan, kegiatan tersebut mengedepankan protokol kesehatan.

“Tadi sebelum acara para tukang ini dirapid test terlebh dulu, ” ungkapnya.

Untuk materinya, Pahri menguraikan semua tentang profesional kerja dan cara menyelesaikan masalah proyek.

“Meterinya seputar bagaimana cara memenajemen tukang, kalau soal keahlian lebih jago tetapi terpenting menangani masalah di lapangan. Kemudian bagaimana mempercepat kegiatan misalnya pekerja terlambat apa yang harus dilakukan, ” tukas Pahri.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: