Sukses Bangun Al-Alam, Pemrpov Sultra Fokus Di Al-Kautsar

Desin eksterior mesjid, dihalaman depan mesjid akan dibangun beberapa payung raksasa otomatis.

FAJARSULTRA.COM KENDARI,-Setelah sukses membangun Mesjid di tengah laut Al-Alam, kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) fokus merenovasi mesjid Agung Al-Kautsar Kendari.

Menurut Kepala Dinas Cipta Karya dan Bina Konstruksi dan Tata Ruang Pemprov Sultra, Pahri Yamsul untuk tahap awal pihaknya akan fokus melakukan renovasi dibagian luar bangunan mesjid.

“Karna kita keterbatasan dana, jadi sekarang kita kerja dibagian eksterior dulu, nanti baru bagian interiornya,” katanya. Senin (23/07/2018) saat melakukan peninjauan renovasi mesjid.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Bina Konstruksi dan Tata Ruang Pemprov Sultra, Pahri Yamsul saat meninjau mesjid

Dikatakan Renovasi yang dilakukan tergolong rehab berat sebab usia bangunan yang sudah cukup tua. ‘Mesjid ini (Mesjid Agung Al-Kautsar. red) masuk kategori rehab berat. sudah sekitar 30 tahun dibangun masih di jaman pak Alala,” Katanya.

Tempat Parkiran kendaraan yang mampu menampung 100 mobil bakal dilengkapi dengan sarana tempat wudhu

Untuk eksterior mesjid, yang direhap yakni dibagian teras mesjid, pembangunan parkiran kendaran serta beberapa fasilitas lainnya.

“Begitu pula dengan menara mesjid, inikan sudah miring akibat gempa beberapa waktu lalu, jadi kita belum sentuh masih dilakukan pertimbangan tehnis,” terangnya.

Dijelaskan untuk di bagian eksterior anggaran yang digelontorkan sebesar Rp. 13 Milyar. Sedangkan untuk dibagian interior bila di APD induk 2019 disetujui pembangunanya barulah dilakukan pengrehapan.

“Kalau kita lihat ini namanya mesjid agung, tapi sudah tidak agung lagi karna tenggelam dengan lingkungannya itulah yang kita akan kembalikan marwahnya,” tandasnya.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: