Sambangi Kabaena, Warga Curhat Ke Hugua

Kendari FS,-Jadwal Kampanye dialogis Pasangan Asrun-Hugua wilayah Bombana diisi dengan calon wakil gubernur Sultra Hugua dengan mengunjungi Pulau Kabaena.Jumat (13/04/2018)

Di Kabaena Hugua, menerima banyak curhatan, misal di Kelurahan Dongkala Kecamatan Kabaena Timur warga suku Bajo mengeluhkan titian jembatan menuju rumah mereka yang hampir rubuh namun belum juga mendapat perhatian pemerintah.

“Sudah hampir 20 tahun titian menuju rumah kami tidak pernah diperbaiki, kalau kami usulkan dalam musrenbang, tapi selalu dialihkan, kami tidak tau apakah dendam lama atau apa, makanya kami minta bisa diperbaiki,” ujar salah seorang warga Sein.

Berbeda lagi dengan Baharuddin, Warga Kelurahan Lambale, ia mengatakan dampai detik ini belum tersedianya pabrik es, padahal hampir seluruh masyarakat di Kabaena Timur bermata pencaharian nelayan, sehingga ikan tangkapan yang mereka jual kedaerah lain tidak bisa bertahan lama.

“Belakangan ini kami kedatangan nelayan dari luar yang menangkap ikan dengan peralatan canggih, itu mengganggu kami nelayan tradisional. adalagi pak, kalau bisa ada juga bank di sini, supaya kita tau itu yang pake kartu gesek, masa kita kirim uang administrasinya sampe 30 ribu, mahal sekali,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Hugua menyampaikan berdasarkan pengalamannya di Wakatobi banyak nelayan yang sudah merasakan dampak terhadap bantuan diberikan pemerintah.

“Kebutuhan masyarakat tidak terlalu sulit karena hanya pancing dan beberapa peralatan yang dibutuhkan, kalau di Wakatobi kami bantu nelayan untuk menangkap ekor kuning, cakalang, disana itu kalau dapat 1 atau 2 ekor sudah bisa dapat uang juataan,” kata mantan Bupati Wakatobi 2 periode ini.

Ia menambahkan, apalagi kalau pemekaran Kabupaten Kabaena terealisasi bantuan terhadap nelayan akan semakin banyak, termasuk perbaikan infrastruktur yang dikeluhkan masyarakat bajo.

Muhammad Asbar.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: