Rilis Hasil Survei Pilkada Muna, BSI: Pasangan Rapi Bakal Tumbangkan Petahana

FAJARSULTRA.COM KENDARI,-Berdasarkan hasil survei Barometer Suara Indonesia (BSI) pada Pilkada Muna, Pasangan Rajiun Tumada-La Pili (Rapi) bakal mengalahkan Petahana. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif BSI Baso Affandi. Rabu (25/11/2020).

Menurutnya hal tersebut berdasarkan dari survei terbaru dilakukan collecting data dilapangan dari tanggal 18 November sampai tanggal 21 November 2020 dengan 440 responden, dengan cara wawancara tatap muka langsung menggunakan kuisioner dengan tekhnik sampling Multistage Random Sampling serta mempunyai nilai toleransi margin of error plus minus 4,8%.

“Dengan mekanisme survey seperti ini bisa dipastikan semua populasi pemilih di Kabupaten Muna memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai responden (tidak tersegmentasi).” terangnya.

Dibeberkan, dari data survey tersebut menunjukkan (lihat grafik) warga Kabupaten Muna menyatakan, pasangan LM. Rajiun Tumada–La Pili memuncaki peringkat dengan elektabilitas 42,50%, kemudian disusul LM. Rusman Emba _ Bachrun Labuta dengan elektabilitas 36,36%. Dari 440 responden itu, sebanyak 21,14% belum menentukan pilihan (Swing Voters).

Dibeberkan, Karena Pilkada di Kabupaten Muna hanya diikuti oleh 2 pasangan calon (head to Head), maka bisa dipastikan pemenang pilkada nanti adalah pasangan calon yang memperoleh lebih dari 50% suara Rakyat di Kabupaten Muna. Yang menarik menjadi rebutan adalah suara ngambang atau swing voters yang masih berada diangka 21,14% tersebut.

“Kemana kecenderungan suara mengambang tersebut akan melabuhkan pilihannya ? Seperti lazimnya dan pengalaman kami dilapangan bahwa kecenderungan pemilih mengambang akan memberikan hak suaranya adalah dimana kekuatan yang terbesar yang punya potensi menang. Kedua : biasanya suara mengambang itu lebih besar akan berpihak pada pasangan penantang. Hal ini didasari pada pengalaman kami di beberapa daerah yang pernah survei menjelang pemilihan,” lanjutnya.

“Berdasarkan temuan lapangan tersebut, jika dilakukan pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Muna hari ini, maka pihak kami bisa memastikan bahwa pasangan yang bakal memenangkan kontestasi di Kabupaten Muna adalah pasangan Rajiun Tumada –La Pili. Akhirnya kami ingin menyampaikan selamat berkompetisi yang sehat, kiranya pesta demokrasi kali ini menjadi ajang memilih pemimpin dengan jujur dan adil,” tandasnya.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: