PT Masempo Dalle Beri Bantuan Sembako Kepada Korban Banjir di Sultra

FAJARSULTRA.COM KENDARI,-PT Masempo Dalle menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir disejumlah daerah di Sulawesi Tenggara. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh pihak manajemen PT Masempo Dalle ke Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor Sultra, di Makorem 143/Haluoleo, Saptu 22 Juni 2019.

Bantuan yang diberikan itu berupa ratusan Karung Beras, ratusan dos mie instan dan puluhan dos bahan pokok lainnya.

Menurut direktur PT Masempo Dalle, Anton Timbang, bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban korban banjir.

“Bantuan ini juga merupakan bentuk solidaritas, kebersamaan, dan kepedulian kami,” katanya yang juga merupakan Ketua Ikatan Motor Sultra.

Untuk diketahui Banjir yang menerjang sejumlah daerah di sulawesi tenggara yakni Konawe Utara, konawe, dan komawe Selatan terjadi 2 hari sebelum lebaran idul fitri 9 Juni 2019.

Banjir disebabkan beberapa faktor seperti curah hujan yang tinggi dengan intensitas dan frekuensi yang lama pada periode mei – juni 2019.

Adanya aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) yang masih aktif di wilayah indonesia berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Topografi di beberapa tempat merupakan floodplain (dataran banjir) dengan kemiringan lereng 0 – 8 %, Berdasarkan data Digital Elevation Model (DEM) Shuttle Radar Topography Mission (SRTM), wilayah yang tergenang umumnya dataran banjir (Floodplain) dengan kemiringan lereng 0 -8 %. Tentu saja wilayah yang datarannya rendah akan mengakibatkan rawan banjir, karena luapan air akan mengalir dari tempat yang datarannya tinggi ke tempat yang datarannya rendah sehingga banjir terjadi, Pendangkalan sungai utamanya pada bagian hilir dan muara Pendangkalan sungai dapat disebabkan oleh penumpukan sampah sehingga membuat alirannya mampet dan terjadinya sedimentasi oleh material hasil erosi dan limpasan dari hutan yang gundul.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: