Pj Gubernur Lepas Dua Capaska Nasional 2024 Asal Sultra

Kendari,- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto melepas 2 (dua) Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) yang terpilih mewakili Sultra, bertempat di Kantor Gubernur, Kamis (11/07/24).

Dua Capaska Nasional tersebut yakni Aldiansyah Rahmat yang merupakan siswa SMAN 1 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi, dan Lutfiyah Naurasyifa Utoyo, siswi SMAN 1 Kendari.

Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa Kesbangpol Pemprov Sultra Al Baasyir yang mendampingi Capaska mengatakan bahwa Capaska ini telah melalui serangkaian tahapan seleksi yang ketat.

“Adek-adek ini telah melalui 9 (sembilan) tahapan seleksi, meliputi seleksi administrasi, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), kesehatan, samapta, peraturan baris-berbaris, wawancara, peminatan, bakat, seleksi psikologi, dan Medical Check Up (MCU),” kata Baasyir.

“Kami juga telah menerapkan sistem seleksi yang transparan, untuk masing-masing Panitia kami bagikan ID card yang menandakan pertanggungjawaban tugasnya. Jadi mereka tidak bisa intervensi ke pos lainnya, hal ini semata agar para Panitia profesional dalam proses seleksi para Siswa,” tambahnya.

Baasyir juga memaparkan, dari 43.634 Siswa/Siswi yang tersebar di 572 SMA/SMK sederajat se-Sultra, terdapat 81 yang mengikuti seleksi Paskibraka tahap awal yang dimulai sejak 13 sampai dengan 16 Mei 2024.

“Seleksi putaran pertama dilakukan di Kabupaten/Kota, selanjutnya putaran kedua tingkat Provinsi diikuti oleh 41 Siswa dan 40 Siswi. Lebih lanjut, Sultra mengirimkan 3 (tiga) Siswa dan 3 Siswi ke Jakarta untuk menjalani seleksi. Dari hasil seleksi yang diumumkan 21 Juni lalu, Ananda Aldiansyah dan Lutfiyah dinyatakan lolos menjadi Capaska,” paparnya.

Pj Gubernur dalam kesempatanya mengucapkan selamat atas prestasi dan capaiannya kepada 2 (dua) Capaska asal Sultra yang akan bertugas sebagai Pengibar Bendera pada Upacara HUT RI ke-79, tanggal 17 Agustus mendatang.

Kepada kedua Capaska, Pj. Gubernur berpesan untuk menjaga kesehatan selama proses pemusatan pendidikan dan pelatihan bagi calon Paskibraka pada tingkat pusat di Jakarta.

Pj. Gubernur menekankan juga agar menjaga nama baik Provinsi Sulawesi Tenggara. “Jadi saya sampaikan agar adek – adek menjaga nama baik Sulawesi Tenggara, hindari segala bentuk penyimpangan. Disiplin, dan ikuti arahan Pembina dan Pelatih,” tegasnya.

“Selain itu, Adek-adek juga menjadi Duta bagi Sultra. Informasikan keindahan alam, destinasi wisata dan berbagai potensi sumber daya lainnya kepada sesama Capaska dan sebagainya,” tutupnya.

Sementara itu, Ibu dari Lutfiyah, Ribka mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian yang diperoleh oleh Putrinya.

“Saya sangat bersyukur bahwa Putri saya lolos menjadi Capaska. Alhamdulillah bisa bertemu langsung dengan Pak Pj Gubernur di ruangannya,” ungkapnya gembira.

Asrudin, Ayah dari Aldiansyah mengatakan juga hal yang sama. Dirinya sangat bersyukur Putranya dapat lolos menjadi Paskibraka di upacara HUT RI ke-79 tahun 2024 ini.

“Alhamdulillah Pak, Putra saya menjadi Paskibraka dan hari ini bisa silaturahim dengan Pak Pj Gubernur,” tutupnya.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: