Panen Raya di Konsel, Pj Gubernur Sultra Serahkan Bantuan Pupuk Kepada Para Petani

Fajarsultra.com,-
Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, menghadiri panen raya di Desa Masagena Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Sabtu (18/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur melakukan panen raya padi sawah yang dilanjutkan dengan pemberian bantuan pupuk untuk para petani setempat.

Menurut Andap, pemerintah Provinsi selalu memberi perhatian terhadap sektor tanaman pangan di Sultra.

“Pemerintah Provinsi Sultra selalu concern terhadap sektor tanaman pangan dan peternakan, termasuk kendala-kendala yang terjadi di lapangan kami selalu pantau untuk dicarikan solusi,” katanya.

Adapun bantuan yang di berikan kepada kelompok tani setempat berupa pupuk organik cair sebanyak 150 liter, pestisida Penalty sebanyak 108 botol dan pestisida Corona sebanyak 180 botol.

“Seperti hari ini, selain panen raya, kami juga memberikan bantuan kepada kelompok tani yang harapannya dapat meningkatkan produksi dan produktivitas mereka” tegas Sekjen Kemenkumham ini,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tamaman Pangan dan Peternakan Sultra, La Ode Muh. Rusdin Jaya mengatakan luas sawah di Kecamatan Konda sebesar 1.391 ha. Dan yang tertanam 950 ha, dan luas hamparan padi sawah yang dipanen yaitu 564 ha yang terletak di empat desa. Desa Masagena, Cialam Jaya, Wonua dan Lawoila.

“Provitas hasil panen rata-rata 5.1 ton/ ha dan untuk pengairan selama ini menggunakan air tadah hujan dan sudah bisa tanam 3 kali setahun atau IP3. Dengan varietas padi yang ditanam adalah Mekongga, Ciherang, Inpari 30, Inpari 33” katanya.

“Sebuah kesyukuran bagi kita semua, pimpinan kita begitu peduli dan fokus untuk selalu hadir di tengah petani bagaimanapun kondisinya” tandasnya.

Editor: Muhammad Asbar Alfahddin

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: