Pameran Bursa Kerja 2023, Komitmen Pemprov Sultra Perjuangkan Pekerjaan Bagi Masyarakat Bumi Anoa

Fajarsultra.com
Kendari,- Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto membuka Pameran Bursa Kerja tahun 2023, bertempat di Atrium Lippo Plaza Kendari, Rabu (29/11/23).

Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Sultra tahun 2023 ini menyediakan 1.257 lowongan bagi calon tenaga kerja.

“Alhamdulillah, terdapat 1.257 lowongan pekerjaan dari 25 perusahaan yang akan _menghire_ calon karyawannya. Saya apresiasi dan ucapkan terima kasih. Pada kesempatan ini, saya juga mendorong perusahaan lainnya untuk memberi kesempatan bagi Pencari Kerja,” ujar Andap.

Selanjutnya, Andap juga mengatakan bahwa sesuai amanat undang-undang, instansi pemerintah wajib mengalokasikan paling sedikit 2% untuk penyandang disabilitas. Untuk perusahaan swasta 1% dari total alokasi kebutuhan perusahaan.

“Saat ini terdapat 2 dari 25 perusahaan yang menerima tenaga kerja disabilitas. Harapan kami, ke depan makin banyak perusahaan yang dapat memfasilitasi Saudara-Saudara kita penyandang disabilitas untuk dapat bekerja seperti dicontohkan pada penerimaan PPPK Kemenkumham,” ujar pria yang juga menjabat Sekjen Kemenkumham itu.

Pada sambutannya, Pj Gubernur Sultra menyampaikan bahwa kegiatan Pameran Bursa Kerja 2023 ini merupakan wadah untuk mempertemukan pencari dengan pemberi kerja, disamping keberadaan Pemerintah Provinsi yang harus memfasilitasi kesempatan lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal agar memiliki kesempatan kerja.

“Kegiatan Pameran Bursa Kerja ini sebagai komitmen dan langkah nyata untuk memperjuangkan lapangan pekerjaan bagi rakyat Sultra yang tentunya sesuai dengan bakat, minat, serta keahliannyanya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menekan angka pengangguran di Bumi Anoa,” ujarnya.

Andap juga mengingatkan kepada para Kepala Perangkat Daerah untuk melakukan tiga langkah kongkret guna meningkatkan lowongan pekerjaan dan menekan angka pengangguran di Sultra

“Pertama, identifikasi dan lakukan pendataan ketersediaan lowongan pekerjaan. Kedua, informasikan kepada masyarakat mengenai ketersediaan lowongan kerja yang ada. Ketiga, lakukan berbagai terobosan kreatif dalam rangka membekali keahlian dan keterampilan teknis bagi generasi muda melalui kegiatan pengembangan kreativitas,” pesan Andap.

Pj. Gubernur juga berharap kiranya bagi perusahaan yang membuka usaha di Sultra agar memprioritaskan para pencari kerja lokal Sultra untuk bekerja dan berkarir di perusahaan.

Turut hadir mendampingi yakni Plh Sekda Pemprov Sultra, Yuni Nurmalawati, para Kepala Perangkat Daerah, Perwakilan perusahaan terkait dan para Pencari Kerja.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: