Mendagri Ganti Pj Bupati Mubar dan Pj Walkot Kendari

Fajarsultra.com,-
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengganti Pejabat Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri dan Penjabat Wali Kota (Walkot)Kendari, Asmawa Tosepu.

Pergantian itu tertera dalam Surat Keputusan (SK) Mendagri Nomor 100.2.1.3-6574 tentang pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Muna Barat, serta SK Nomor 100.2.1.3-6624 tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan PJ Walikota Kendari.

Berdasarkan kedua SK tersebut, Mendagri Menunjuk Staf Ahli Gubernur Sultra bidang Kemasyarakatan dan SDM, La Ode Butolo sebagai Pj Mubar dan Kepala BPBD Sultra Muhammad Yusuf sebagai Pj Walikota Kendari.

Keduanya, dilantik dan di ambil Sumpah jabatannya oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto atas nama Mendagri. Rabu 27 Desember 2023 bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra.

Mengawali sambutannya Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menyampaikan terima kasih kepada Bahri dan Asmawa Tosepu atas capaian dan prestasi kerja selama bertugas.

Selanjutnya, Andap berpesan kepada para Penjabat yang baru dilantik untuk segera bergerak cepat sehingga Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 dapat terselenggara dengan baik, aman, damai dan kondusif.

“Dua bulan lagi kita akan Pemilu 2024, kepada para Pj yang baru dilantik untuk segera menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Intenslah koordinasi dengan para pihak seperti KPU, Bawaslu, TNI Polri dan Instansi terkait lainnya. Ajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun 2024 mendatang,” pesannya.

Ia juga menambahkan, Penjabat Bupati/Walikota agar dapat menjaga netralitasnya, tidak memihak ke salah satu pasangan baik Capres/Cawapres, maupun calon legislatif.

“Saudara harus menjadi role model bagi seluruh ASN agar Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 dapat berjalan dengan jujur dan adil,” tambahnya.

Pj Gubernur Sultra juga menegaskan kepada Pj Bupati/Walikota untuk memastikan semua keluhan masyarakat dapat disikapi dan diselesaikan dengan baik.

“Check on the spot ke lapangan, jangan hanya dikantor saja. Apabila ada keluhan masyarakat, segera respon dengan cepat dan tepat dengan tetap didasari kepada ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Pj Gubernur.

“Terakhir, saya minta kepada para Bupati dan Walikota marilah kita berjuang dengan sekuat-kuatnya, dengan penuh rasa tanggung jawab serta tuntaskan amanah tugas yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya,” tutup Andap.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: