Dinilai Tidak Ilmiah, Skripsi Mahasiswa Unismuh Makassar Diminta Uji Terbuka

Fajarsultra.com,- Adanya skripsi Alumni Mahasiswa Universitas Muhamadiyah (Unismuh) Makassar, dengan judul “Asumsi Masyarakat Bugis Terhadap Ideologi Suku Tolaki di Kolaka Utara” membuat sejumlah pihak angkat bicara.

Dr. Maulana Saputra Sauala sebagai salah seorang tokoh muda di bumi anoa, menuntut uji terbuka atas skripsi eks mahasiswa unismuh makassar tersebut.

Menurutnya “Asumsi” adalah anggapan yang belum terbukti kebenarannya dan memerlukan pembuktian secara langsung
ideologi adalah ide atau gagasan mendasar yang disusun secara sistematis, bersifat abstrak dan diyakini kebenarannya untuk di wujudkan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Penelitian dapat di katakan ilmiah bila memenuhi syarat krakteristik seperti, ada tujuan, ada keseriusan, dapat di replikasikan, presisi dan keyakinan, objektivititas, berlaku umum dan efisien” katanya. Selasa (11/04/2023).

Dikatakan skripsi tersebut sama skali tidak memenuhi syarat karekteristik Karya Tulis Ilmiah (KTI) sehingga kemudian kemampuan anaslis dari pembimbing dalam meng “accept” KTI tersebut perlu di pertanyakan.

“KTI yang sangat subjektif, tidak mempertimbangan pandangan para ahli, tidak mempunyai sample yang cukup, sehingga hasil penelitian yang sangat di ragukan sebagai hipotesis,” terangnya.

Bahwa sejatinya tujuan penelitian ilmiah adalah pemecahan masalah, dengan tujuan perbaikan suatu sistem.

“Melihat KTI tersebut yang sangat tidak ilmiah dan tidak bermanfaat baik dalam pengembangan model atau teori bahkan untuk pemecahan masalah seperti sejatinya tujuan dari penulisan KTI,” tandasnya.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: