Bupati Kolut Curhat ke Pj Gubernur Sultra

Fajarsultra.com Kolaka Utara,-Bupati Kolaka Utara (Kolut), H Nur Rahman Umar menyampaikan keluhannya kepada Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi.

Dalam curhatannya, H Nur Rahman Umar meminta bantuan pemerintah provinsi agar segera mengusul ke Pemerintah Pusat pengalihan status jalan By Pass Lasusua, serta meminta bantuan pendaan pembangunan tanggul pemecacah ombak disepanjang jalan tersebut.

“Kami minta bantu agar status jalan poros baypas berubah jadi jalan nasional. Itu kurang lebih 22 meter,” kata Nur Rahman di kediamannya saat bertatap muka dengan Pj Gubernur Sultra saat kuker di Kolut, Minggu malam 24 Juni 2018.

Manurunya, alasan pengusulan pergantian status jalan ini, sebab, sebenarnya jalan baypas tersebut sudah berfungsi sebagai jalan nasional. Malahan jalan nasional yang ada di Kolut tidak berfungsi sebagai jalan nasional.

“Karena jalan nasionalnya kan pendakian dan berliku, orang-orang lebih memilih lewat baypas (bawah) karena jalannya lurus, dekat dan mulus. Diatas (jalan nasional) juga mulus tapi banya pembelokan dan cukup jauh, apalagi kalau mobil truk yang lewat dan memuat barang banyak. Alasan kedua, karena ini jalur lintas provinsi maka kami punya keterbatasan biaya. Makanya kami usulkan,” bebernya.

Selain itu, sedangkan untuk tenggul pemecah ombak sangat dibutuhkan, sebab tanggul yang sekarang sudah rusak. Bila musim ombak kencang, percikan air ombak membanjiri jalan.

“Ibarat petani. kami sudah kecapeaan minta di infus. Siapa tahu pak Pj bisa bantu baik secara pribadi maupun kedinasan. Itu rencana tanggul pemecah ombak sepanjang 9 kilometer,” candanya.

Mendengar hal itu, Teguh Setyabudi akan membantu permintaan tersebut dengan mengkomunikasikan hal tersebut ke Kementrian PUPR.

“Bisa bersama-sama Bupati ke Kementrian PUPR untuk komunikasi langsung,” tutupnya.

Muhammad Asbar

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: