Buka Wakatobi Wave 2018, Ali Mazi Sebut Kedepan Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan

FAJARSULTRA.COM KENDARI,-Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi telah secara resmi membuka festival dan ekspo Wakatobi Wave tahun 2018 di Kabupaten Wakatobi. Minggu (11/11/2018). Dalam sambutannya Ali Mazi menyampaikan bila kedepan sektor Pariwisata menjadi program unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

“Saat ini Pemprov Sultra tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, yang akan berfungsi sebagai arah pembangunan Sultra dalam lima tahun kedepan. Salah satu potensi besar yang belum tergarap secara optimal adalah pariwisata. Oleh karena itu, dalam RPJMD tersebut kita akan jadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sektot unggulan,” ungkapnya.

Nantinya, kata dia. Kedepan akan dilaksanakan dalam bentuk terpadu yang melibatkan seluruh Kabupaten/Kota di Sultra.

“Setiap Kabupaten/Kota menetapkan destinasinya masing-masing yang akan dikembangkan sebagai destinasi unggulan dan bekerjasama dengan Pemprov Sultra dalam bentuk sharing pendanaan. Sehingga dalam lima tahun kedepan kita akan fokus pada pengembangan destinasi wisata yang memiliki daya tarik wisata yang berdampak pada kunjungan dan lama tinggal wisatawan,” katanya.

Menurutnya Sultra memiliki potensi kepariwisatawan yang besar. Tidak hanya wisata alam, namun juga wisata budaya, sejarah dan kuliner sebagai wisata unggulan. Olehnya itu, dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas dari pemerintah untuk mengelola potensi tersebut sehingga bermanfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat.

“Pemprov dan Kabupaten/Kota di Sultra harus terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata dengan melakukan promosi objek wisata yang ada, melakukan perbaikan dan peningkatan sarana prasarana parawisa serta memperbanyak event-event pariwisata. Disamping itu, perlu pula dilakukan pembenahan pada industri-industri lokal melalui pengembangan variasi kuliner, cenderamata khas daerah dan penganekaragaman objek wisata,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut Ali Mazi juga menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Parawisa dan ekonomi kreatif RI yang telah menetapkan festival dan ekspo Wakatobi Wave sebagai salah satu event wisata nasional yang telah dilaksanakan selama empat kali. Dimana pelaksanaan setiap bulan November yang menampilkan karnaval budaya, pagelaran seni dan budaya, berbagai permainan tradisional serta hiburan rakyat.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya berharap kepada pemerintah Kabupaten Wakatobi dan Masyarakat Wakatobi agar bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan selama penyelenggaraan festival dan ekspo Wakatobi Wave 2018. Berikan keramahan dan pelayanan terbaik kepada para pengunjung sehingga menimbulkan kesan positif seoama berada di Wakatobi, dengan harapan mereka akan berkurang kembali ke Wakatobi karena kesan pertama yang baik,” tandasnya.

Muhammad Asbar

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: