Buka Sosialisasi Germas, Rajiun Himbau Masyarakat Dan Jajaran Pemda Mubar Tak Merokok

Fajarsultra Muna Barat,-Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar) Rajiun Tumada menghimbau kepada masyarakat dan jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Mubar untuk tidak merokok.

Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan pada pembukaan Kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diadakan oleh Dines Kesehatan Mubar. Bertempat di balai Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tikep. Minggu (23/06/2018).

“Pemda Mubar telah menerima Penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI, tentang Bebas Rokok. Untuk itu, saya menghimbau kepada semua Kepala SKPD agar tidak merokok, bila ada salah satu ASN yang di dapati merokok agar segera di tegur,” katanya.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh masyarakat dan jajaran pemda Mubar ini, Rajiun juga meminta agar selalu menjaga pola hidup sehat. Selalu berolahraga, mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman yang berakohol, agar tubuh terhindar dari penyakit.

“Kegiatan ini penting dilakukan agar masyarakat mengetahui pentingnya menjaga Kesehatan, baik kesehatan diri maupun lingkungan. .

Sementara itu, Kadis Dinkes Mubar, Ns. Hidayat mengatakan GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

“Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Pemerintah dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat,” sebutnya.

Penulis : Bhydink
Editor : Muhammad Asbar

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: