ASR Dinobatkan Sebagai Parabela Mancuana Lipu Oleh Tokoh Adat Kotobengke

Mantan Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) dinobatkan sebagai Parabela Mancuana Lipu oleh tokoh adat Kotobengke, Lipu, Kota Bau-bau, Provinsi Sultra pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Prosesi penyematan gelar tokoh adat dilakukan di Baruga, Kecamatan Betoambari, Kabupaten Kota Bau-bau.

Imam Besar, Lamande mengatakan gelar tersebut diberikan karena sosok Andi Sumangerukka dinilai mampu melindungi Baubau dari ancaman.

Smiley face
“Selain ASR juga adalah pemimpin yang bisa menyatu dengan masyarakat khususnya Katobengke Lipu. Apa pun yang kami adakan di sini beliau menyatu, makanan tradisional kami juga sangat di nikmatinya. Makanya tidak ada salahnya jika kami nobatkan Bapak Andi Sumangerukka sebagai Parebela Mancuana Lipu,” ungkapnya.
Dengan pemberian gelar, maka Andi Sumangerukka kini menjadi bagian dari masyarakat Baubau khususnya Katobengke Lipu.

Sementara itu, Andi Sumangerukka mengaku sangat bangga atas gelar yang diberikan kepadanya. Menurutnya ini merupakan sebuah ikatan batin antara dirinya dan masyarakat.

“Ini merupakan ikatan batin serta titipan untuk mengingatkan, agar saya tidak melupakan lupakan tempat ini. Karena saya adalah bagian dari masyarakat Kota Bau-bau,” ucapnya.

Usai prosesi pemberian gelar, ASR memberikan bantuan untuk pembangunan Baruga di Kecamatan Betoambari dan Kelurahan Kasalibu Baru.

In the news
Load More
%d blogger menyukai ini: